Senin, 02 September 2013

Tepat pada hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2013, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jawa Barat mengadakan kegiatan. Kegiatan tersebut adalah Shilaturahim Idul Fitri, Rapat Konsolidasi PC IMM se-Jawa Barat dan Pelantikan PC. IMM Kota Tasikmalaya. Kegiatan-kegiatan tersebut bertempat di auditorium STIKes Muhammadiyah Kota Tasikmalaya. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dalam satu rangkaian acara dari pukul 09.00 s.d. pukul 16.00. 

Kegiatan dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci al Quran dan menyanyikan lagu-lagu IMM, Muhammadiyah serta Indonesia Raya. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Pelantikan PC. IMM Kota Tasikmalaya. Hadir untuk membacakan Surat Keputusan Immawan Inding Supriatna selaku yang mewakili Sekretaris Umum, dan yang mengambil sumpah jabatan yaitu Immawan Rijal Nur Rahman selaku Ketua DPD IMM Jabar. Setelah diambil sumpah tibalah acara penandatanganan surat serah terima jabatan dari Ketua PC. IMM Kota Tasikmalaya periode 2012-2013 yaitu Immawan Slamet Nugraha kepada Ketua PC. IMM Kota Tasikmalaya periode 2013-2014 yaitu Immawan Azmi Imaduddin. 


 Suasana Pelantikan Pimpinan Cabang Kota Tasikmalaya

Setelah acara pelantikan selesai tibalah kepada sesi sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua PC.IMM Kota Tasikmalaya demisioner, lalu ketua PC. IMM Kota Tasikmalaya yang baru dilantik dilanjut Ketua DPD IMM  Jabar, lalu Ketua STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya dan terakhir perwakilan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat. Dalam sambutannya Pak Rahmat Rusmayadi selaku perwakilan dari PWM Jabar menyampaikan bahwa ada yang berpendapat bahwa Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang terbesar di dunia.  Oleh karenanya dibutuhkan sumberdaya kader yang mumpuni. Beliau juga member masukan-masukan dan kritik konstruktif terhadap DPD IMM Jawa Barat. 


 Sambutan Ayahanda PWM Jawa Barat
Acara dilanjutkan dengan doa serta penutupan sesi pertama. Namun setelah penutupan tidak langsung break, namun para peserta disuguhi dahulu penampilan yang luar biasa dari grup musik LISAN PC. IMM Kota Tasikmalaya. Grup music ini membawakan 3 buah lagu yakni lagu ciptaan sendiri tentang IMM, Sang Surya dan Ajari Aku Tersenyum. Tentu dengan aransemen yang menarik dan unik khas grup Lisan. Setelahnya para peserta melakukan coffee break dan sholat Zuhur.

Penampilan Lisan

Kegiatan dimulai kembali pada pukul 13.00. Tibalah saat acara inti yakni konsolidasi dan koordinasi PC.IMM Se-Jawa Barat dan DPD IMM Jawa Barat. Sayangnya tidak semua Cabang bisa menghadiri acara ini, namun peserta lumayan banyak. Acara dimoderatori oleh Immawan Inding Supriatna. Diawali oleh prakata dari Immawan Rijal Nurahman selaku ketua umum lalu dilanjutkan pengarahan oleh Kabid Organisasi Immawan Ijang Jamaludin. Setelah itu giliran perwakilan dari Cabang-cabang untuk melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan cabangnya. 

Menarik sekali menyaksikan keragaman karakter dan kondisi masing-masing cabang yang berada di Jawa Barat. Ada yang sudah membuat kegiatan baksos seperti Cabang Sumedang, ada yang sering melakukan aksi massaseperti cabang kuningan, ada yang alumninya menjadi penulis seperti cabang kota Bandung, ada yang baru dilantik seperti cabang Cirebon, ada pula yang baru ingin membangkitkan lagi yang vakum seperti Cabang Ciamis dll. Semua cabang yang sharing di forum cukup member kita informasi dan gambaran bagaimana kondisi IMM Jawa Barat sesungguhnya. Walaupun ada beberapa yang membanggakan, namun masih banyak yang perlu dibenahi dan tentunya ini menjadi tantangan bagi DPD IMM Jabar ke depan. Setelah selesai laporan dari masing-masing cabang, giliran dari DPD IMM Jabar memberikan wejangan-wejangan sesuai dengan bidang masing-masing guna memecahkan permasalahan yang ada. ‘Alaa kulli haal, acara ini cukup efektif dalam rangka penguatan komunikasi dan koordinasi IMM Jawa Barat. Agenda ini insya Allah menjadi agenda yang rutin setiap tahunnya (Robby).

Foto Bersama